Home » , » Yuk Telusuri Jawa Barat dan Budayanya

Yuk Telusuri Jawa Barat dan Budayanya

Ditulis Oleh Unknown, Pada Hari Jumat, 18 November 2016 | 08.11

Jawa Barat sebagai pengertian administratif mulai digunakan pada tahun 1925 ketika Pemerintah Hindia Belanda membentuk Provinsi Jawa Barat. Pembentukan provinsi itu sebagai pelaksanaan Bestuurshervormingwet tahun 1922, yang membagi Hindia Belanda atas kesatuan-kesatuan daerah provinsi.

Rumah Adat Hasan Maulani - Jawa Barat (gambar dari rumahadatku.blogspot.com)Sebelum tahun 1925, digunakan istilah Soendalanden (Tanah Sunda) atau Pasundan, sebagai istilah geografi untuk menyebut Pulau Jawa di sebelah barat Sungai Cilosari dan Citanduy yang sebagian besar dihuni oleh penduduk yang menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa ibu.

Rumah Adat Khas
Nama rumah adat jawa barat sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada bentuk pintu dan atap rumahnya. Ada beberapa nama atau sebutan dalam bentuk atap rumah adat sunda seperti suhunan Jolopong, Badak Heuay, Tagong Anjing, Perahu Kemureb, Capit Gunting, Jubleg Nangkub, dan Buka Pongpok. Dari kesemua nama tersebut, Jolopong merupakan nama rumah adat sunda berbentuk atap yang paling sering digunakan oleh rumah adat suku sunda ini.

Pakaian Adat Jawa Barat (gambar dari fitinline.com)Jolopong memiliki 2 bidang atap yang terpisahkan oleh di tengah bangunan rumah yang disebut jalur suhunan. Panjang batang suhunan sejajar dengan kedua sisi bawah bidang atap rumah yang sebelah menyebelah, sedangkan batang lainnya lebih pendek daripada suhunan dan posisinya memotong tegak lurus dikedua ujung suhunan.

Pakaian Tradisionalnya
Pakaian adat pria Jawa Barat berupa tutup kepala (destar), berjas dengan leher tertutup (jas tutup). Ia juga memakai kalung, sebilah keris yang terselip di pinggang bagian depan serta berkain batik.

Sedangkan wanitanya memakai baju kebaya, kalung, dan berkain batik. Beberapa hiasan kembang goyang menghiasi bagian atas kepalanya. Begitu pula rangkaian bunga melati yang menghiasi rambut yang disanggul. Pakaian ini berdasarkan adat Sunda.

Tarian Daerah

    Tari Merak - Jawa Barat (gambar dari kebudayaanindonesia.com)
  • Tari Topeng Kuncuran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.
  • Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.
  • Tari Rarasati, menceritakan tentang Dewi Rarasati sebagai selir Arjuna yang cantik dan lembut ternyata memiliki jiwa keprajuritan. Kepandaiannya dalam memanah telah menyadarkan Srikandi dari kesombongannya. Saripati gambaran tersebut kemudian diangkat dalam bentuk tari kelompok dengan sumber gerak tari tradisi Cirebon.
  • Tari Jaipong, merupakan satu diantara tarian Jawa Barat yang terkenal ini sudah pasti tak asing kita lihat pertunjukannya.
Senjata Khas
Di Jawa Barat senjata tradisional yang terkenal adalah kujang. Pada mata kujang terdapat 1-5 buah lubang dan sarungnya terbuat dari kain hitam. Senjata lainnya adalah keris kirompang, keris kidongkol, golok, bedok, panah bambu, panah kayu dan tombak.


Suku: Sunda, Badui, Betawi, Banten, dan lain-lain.
Bahasa Daerah: Sunda, Betawi
Lagu Daerah: Sintren, Cing Cangkeling, Bubuy Bulan.

Dikutip & diolah dari: Enyho04, RumahAdatku & Kebudayaan Indonesia

1 komentar:

  1. Thank you for nice information
    Visit Mywebsite
    https://uhamka.ac.id/

    BalasHapus